Dandim Tuban Ingatkan Musim Bencana Hidrometeorologi

Kamis, 16 Januari 2020  13:24

Dandim Tuban Ingatkan Musim Bencana Hidrometeorologi

Portaltuban.com  – Dandim Tuban Letkol Inv Viliala Romadhon memberikan perhatian khusus terkait adanya musim penghujan yang bisa mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi yang dipastikan bisa terjadi sewaktu- waktu.

 

Usai melakoni apel, gelar pasukan dan perlengkapan dalam rangka penanggulangan bencana tersebut di Alun –Alun Kabupaten Tuban pada Kamis (16/1), pihaknya ,menghimbau kepada masyarakat agar waspada akan adanya bencana alam. Seperti banjir, sungai meluap, pohon tumbang, hingga angin puting beliung.

 

Kewaspadaan itu bisa dilakukan dengan pencegahan sejak dini. Yakni mengetahui potensi dan langkah antisipasinya dengan baik. Kondisi alam dan potensi disetiap wilayah berbeda. Sehingga masyarakat harus mampu memetakannya. Tujuannya agar ketika ada bencana yang melanda, bisa melakukan penyelamatan sesuai prosedur yang benar.

 

“kita siapkan anggota jajaran Kodim Tuban siaga bencana di semua wilayah Kabupaten Tuban. Tidak hanya itu, personil juga dilengkapi dengan alat bantu, dan komunikasi sehingga dengan sigap dan cepat menanganinya, “ katanya.

 

Sementara itu,  Bupati Tuban, H. Fathul Huda saat memimpin apel menyampaikan penanggulangan bencana menjadi tanggung jawab semua pihak. Masyarakat harus ikut terlibat. Kegiatan ini juga dapat memotivasi masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapan mengantisipasi bencana. "Salah satunya rutin membersihkan saluran air," ungkapnya.

 

Masyarakat juga diminta sering memantau pemberitahuan dan informasi kondisi terkini mulai dari ketinggian air sungai dan gelombang, curah hujan, dan prakiraan cuaca. Ini menjadi salah satu  langkah untuk mengantisipasi bencana yang bisa sewaktu-waktu terjadi.

 

Bupati Huda menerangkan penanggulangan bencana mencakup prabencana, penanganan bencana dan pasca bencana. Dengan berbagai langkah mitigasi bencana, akan meminimalkan kerugian dan korban yang timbul saat bencana. “ kita siapkan semua sebelum itu (bencana). Yang menjadi perhatian kita terkait korban, jangan sampai ada korban jiwa, kita cegah seminimal mungkin, “ jelasnya (Afi).

 

BERITA LAINNYA


TERKINI

SELENGKAPNYA

INI TUBAN

Indeks Berita