Sidak RTLH, Camat : Harus Tepat Sasaran

Kamis, 21 Maret 2019  10:00

Sidak RTLH, Camat : Harus Tepat Sasaran

Camat Jenu Moch Maftuchin Riza ikut mengaduk campuran pasir bersama tukang dan pemilik rumah. (Afi).

Portaltuban.com-  Camat Jenu, Moch Maftuchin Reza secara langsung menilik pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang ada di Desa Jenggolo, Kecamatan Jenu, Tuban, Senin (18/3), kemaren siang. 

 

Kegiatan inspeksi ini sebagai kunjungan kerja yang ditujukan untuk melakukan pengecekan sejauh mana program ini berjalan. Dari data yang dihimpun, ada 4 titik rumah yang masuk dalam daftar RTLH yang sedang dalam pengerjaan. Alokasi Dana Desa (DD) itu kini diwujudkan sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada warga sangat miskin agar memiliki hunian yang layak. 

 

Salah satu yang menjadi kunjungan Camat itu adalah rumah milik M. Soleh warga RT. 7, Dusun Gedangan, desa setempat. Rumah yang dulunya hanya berlantaikan tanah itu kini dalam proses pengerjaan pembangunan atap dan perlunasan dinding. Bangunan dengan luas sekitar 5 X 8 Meter itu dulunya berdinding anyaman bambu. Kini, rumah tidak layak huni itu menjadi sasaran bantuan. 

 

Ketika di datangi di rumahnya, nampak Soleh bersama istri sedang berjibaku membantu pembangunan rumahnya. Bapak satu anak itu, terlihat riang pada raut wajahnya. Sebab, rumah lamanya hendak berganti dengan rumah yang layak untuk ditempati bersama keluarga. 

 

Terlihat pula, tukang bangunan sedang mengolah campuran pasir dan semen. Rencananya hari itu, pengerjaan alas dan bagian atap dilangsungkan, Tarjed, dalam sepekan terakhir rumah akan bisa dihuni, meski dengan perabot seadanya. Tidak mau ketinggalan, Camat jenu itu juga turut mengaduk campuran pasir dengan lihainya. Hal ini dilakukan sebagai ungkapan syukur atas terlaksananya RTLH yang tepat sasaran.

 

"ini sudah bagus, tinggal beberapa persen saja selesai. Bantuan ini diharapkan tepat sasaran diperuntukkan bagi warga yang rumahnya tidak layak huni. Kita cek, agar semua tepat dan bisa berguna bagi warga yang kurang mampu, " jelas Camat. 

 

Sementara itu, Soleh juga mengatakan bahwa awalnya tidak menyangka akan memperoleh bantuan RTLH. Dirinya sudah berupaya untuk terus memberikan kelayakan bagi keluarganya dengan rumah seadanya. Sangat bersyukur, apabila ada bantuan yang diterimanya. Sehingga bisa membantu mendapatkan rumah yang layak. 

 

"terimaksih, semoga bisa bermanfaat, " singkat Soleh dalam bahasa jawa.

 

Selain camat, nampak hadir dalam sidak, Sekcam Jenu, Heri Subagio, Kasi Pemerintahan, Wartini, Kepala Desa Jenggolo, Dwi utomo, serta sejumlah perangkat desa yang hadir. (Ana). 

BERITA LAINNYA


TERKINI

SELENGKAPNYA

INI TUBAN

Indeks Berita