Senyum Manis Anak Gowah, Terima Air Bersih

Senin, 02 September 2019  13:00

Senyum Manis Anak Gowah, Terima Air Bersih

http://portaltuban.com  – Harapan untuk mendapatkan air besih menjadi doa panjang yang terus dipanjatkan warga Dusun Gowah, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban dewasa ini. Kekeringan yang sudah sekitar 3 bulan melanda wilayah perbuktikan bagian selatan Kabupaten Tuban ini semakin membuat nasib anak desa terkatung.

 

Kebutuhan air bersih mendesak warga dan orang tua harus mendapat bantuan air bersih. Tak jarang mereka harus membeli air  apabila tidak ada uluran tangan. Untuk kebutuhan mandi, makan minum dan lainnya. Awak media, Portaltuban.com berkesempatan mengabadikan antrian air bersih bagi anak di Dusun Gowah yang sedang menanti bantuan air bersih dari pihak Pemerintah.

 

Dengan ember dan jurigen anak mungil itu ditemani orang tuanya untuk antri menerima bantuan air. Setetes demi setetas air itu mengucur dari tandon dan selang air. Nampak bahagia, karena untuk mandi sebelum bersekolah besok sudah bisa pakai air bersih.

 

“besok sudah bisa dipakai untuk mandi saat mau sekolah, “ jelas CN, anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar itu, Senin (9/2).

 

Diketahui dari pemberitaan sebelumnya, bahwa bencana kekeringan yang melanda sebagian wilayah di Kabupaten Tuban terus meluas. Dibeberapa wilayah perbukitan kapur misalnya, sudah ada 20 desa dari 8 kecamatan yang mengalaminya.

 

Kebutuhan air bersih yang wajib terpenuhi mengaharuskan bantuan wajib dilakukan ke titik sasaran desa-desa yang mengalami kekeringan. Dari data yang dihimpun dari kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Tuban, bencana kekeringan saat ini meluas menjadi 20 desa dari 8 Kecamatan. Bertambah dari data sebelumnya yang hanya ada 16 desa dari 20 Kecamatan, yang mengalami kekeringan, sehingga perlu di berikan bantuan air bersih.

 

Ditempat terpisah Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tuban, Gaguk Hariyanto, menyampaikan bahwa kekeringan di wilayah Kabupaten Tuban ini meluas dari 16 Desa di 7 Kecamatan kini menjadi 20 Desa di 8 Kecamatan. Dari 8 Desa yang baru baru masuk daftar adalah Kecamatan Jatirogo yang mengusulkan Desa Jombok dan Bader yang mengalami kekeringan.

 

"BPBD Tuban akan terus memantau perkembangan kondisi lapangan, agar bantuan air bersih dapat tepat sasaran," terangnya.

 

Tambah Gaguk sapaan akrabnya, saat ini bantuan air bersih gelombang 2 akan di distribusikan setiap harinya sesuai jadwal yang telah di tentukan, mulai dari Kecamatan Semanding di Desa Genaharjo, Desa Jadi. Kecamatan Grabagan di desa Grabagan, Ngandong, Waleran dan Desa Gesikan, di Kecamatan Parengan ada Desa Dagangan, Desa Pacing, Desa Sembung dan Sidokumpul,

 

Untuk wilayah di Kecamatan Rengel, ada Desa Punggulrejo, di Kecamatan Senori berada di Desa Jatisari, Desa Sendang, Desa Medalem dan Desa Sidoharjo. Adapun untuk Kecamatan Kerek di Desa Gaji, sedangkan untuk di Kecamatan Montong ada di Desa Nguluhan dan Desa Tanggulangin, adapun di Kecamatan  Jatirogo di Desa Jombok dan Desa Bader. (Agil/Fi).

BERITA LAINNYA


TERKINI

SELENGKAPNYA

INI TUBAN

Indeks Berita