Jelang Lebaran, KPM Singgahan Akan Terima BPNT Sebanyak Dua Kali Lipat

Selasa, 11 Mei 2021  04:35

Jelang Lebaran, KPM Singgahan Akan Terima BPNT Sebanyak Dua Kali Lipat
PottalTuban/ TUBAN - Menjelang Lebaran 2021 ini, Penyaluran program pemerintah berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) khususnya Sembako pada bulan Mei, akan segera dibagikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Singgahan.

 

Sesuai Komoditi yang ditetapkan Dinsos P3A Tuban atas keinginan Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yaitu berupa karbohidrat minimal 70 persen atau  setara dengan 15 Kg beras kualitas premium, Protein Hewani (Telur) serta serta protein Nabati (Tahu dan atau Tempe), dengan sistem Pra Order (PO).

 

Selanjutnya sembako yang akan disalurkan kepada para KPM, terlebih dahulu selalu dilakukan pengecekan kualitas secara bersama-sama di Pendopo Kecamatan Singgahan oleh Dinsos P3A Tuban dengan menggandeng OPD terkait (Bappeda, Inspektorat, Dinas Perekonomian, Dinas Kominfo, Dukcapil, DLL) yang disaksikan oleh Polsek, Koramil, Camat, Ketua Paguyuban Agen dan pendamping program atau TKSK serta dihadiri oleh seluruh agen penyalur kecamatan Singgahan, Senin (10/5/2921).

 

Menurut Camat Singgahan Gaguk Hariyanto selepas kegiatan mengatakan, bahwa beras yang sudah diperiksa bersama tersebut, memiliki kualitas yang layak untuk diteruskan ke agen agar segera dibagikan untuk KPM.

 

"Alhamdulillah dari hasil pantauan kami, ini kualitasnya sudah layak," ucapnya.

 

Selanjutnya Gaguk juga menyampaikan terkait informasi yang diperoleh bahwa pengalokasian beras kali ini rencananya akan dibagikan sebanyak dua bulan yaitu untuk bulan Mei dan Juni 2021 buat sebanyak 3400 KPM, yaitu 15 kg beras premium , 1,2 kg telur, serta 9000 rupiah untuk tempe dan tahu perbulannya.

 

"Jadi KPM akan menerima 30 kg beras, 2,4 kg telur serta 18.000 rupiah untuk tempe dan tahu secara sekaligus pada bulan ini," jelasnya.

 

Lebih lanjut Gaguk kembali menghimbau, kepada para agen agar tetap memeriksa kualitas beras yang diberikan dari suplayer,  agar komoditi yang diberikan tidak berbeda kualitas dengan beras yang sudah diperiksa bersama di Pendopo Kecamatan Singgahan.

 

“Apabila nanti didapati kualitasnya tidak sesuai dengan yang ada di Pendopo Kecamatan Singgahan, agen harus segera melakukan koordinasi dan komunikasi dengan TKSK maupun Suplayer agar KPM tidak dirugikan,” himbaunya.

 

Selain itu, Camat humanis ini menanggapi positif atas rencana pembagian BPNT langsung sebanyak dua bulan secara langsung dalam bulan ini.

 

"Minimal menjelang hari raya ini, masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pokoknya," imbuhnya.

 

Di tempat yang sama Arifatul Khoiriyah sebagai pendamping program atau TKSK membenarkan, bahwa pada bulan Mei 2021 ini ada wacana dari pemerintah akan menyalurkan bantuan buat dua bulan yaitu Mei dan Juni 2021.

 

"Namun kita belum menerima Surat Edaran dari wacana tersebut," jelasnya.

 

Akan tetapi wanita yang akrab dipanggil Atik ini mengatakan, ada kekhawatiran dengan droping yang mendadak untuk sebanyak dua bulan.

 

"Tetap akan kita sesuaikan dengan keputusan pemerintah," bebernya.

 

Atik juga menyampaikan kesiapan Suplayer terkait wacana dari pemerintah untuk membagikan BPNT untuk dua bulan sekaligus.

 

"Sesuai instruksi dari Pemerintah Kabupaten, suplayer telah mempersiapkan untuk dua bulan," bebernya.

 

Sementara itu, Ketua Paguyuban Agen Kecamatan Singgahan Saryadi merasa, kualitas beras yang barusan diperiksa bersama tersebut memiliki kualitas yang cukup baik.

 

“Kami merasa kalau beras BPNT Kecamatan Singgahan, kualitasnya selalu lebih baik dari daerah lain," pungkasnya

BERITA LAINNYA


TERKINI

SELENGKAPNYA

INI TUBAN

Indeks Berita