Jalan Rusak Parah Warga Gotong Royong Perbaiki Jalan Poros Desa

Senin, 29 Maret 2021  20:21

Jalan Rusak Parah Warga Gotong Royong Perbaiki Jalan Poros Desa

Kepala Desa Bektiharjo Sumarlik, ikut turun tangan dalam memperbaiki jalan yang rusak.

PortalTuban/ TUBAN - Kegiatan gotong royong sudah tak asing bagi orang Indonesia terutama bagi masyarakat di pulau Jawa, dan bisa dikatakan sudah menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang telah ada sejak dahulu kala.

 

Gotong royong dianggap sebagai kepribadian dari budaya yang telah mengakar dalam kehidupan masyarakat di Indonesia, tidak terkecuali bagi warga Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban yang bersama-sama serta bahu membahu menambal jalan poros desa yang sudah berlubang akibat tergerus air pada musim penghujan tahun ini.

 

Akibat jalan rusak ini, akses transportasi dari dan menuju desa Bektiharjo, menjadi terkendala. Apalagi jalan di desa tersebut adalah jalan tanjakan, dimana kendaraan berat sangat terhambat ketika naik tanjakan, akibat jalan rusak.

 

Menurut Umar selaku ketua Paguyuban Serkel mengatakan, bahwa kegiatan warga untuk menambal jalan yang rusak tersebut bekerja sama dengan pemerintahan desa, agar dapat menghindari resiko kecelakaan bagi para pengemudi yang melintasi jalan tersebut, Minggu (28/3/2021).

 

"Warga berinisiatif memperbaiki sementara menunggu perbaikan jalan dari pemerintahan daerah yang rencananya bulan Oktober nanti," ujarnya.

 

Umar juga menjelaskan, bahwa dana untuk perbaikan jalan tersebut merupakan hasil partisipasi sumbangan dari masyarakat Desa Bektiharjo bersama para pengusaha Serkel untuk membeli material buat menambal jalan desa tersebut.

 

"Ini dana swadaya masyarakat dan juga difasilitasi oleh pemerintah desa," ungkapnya.

 

Lebih lanjut Umar membeberkan, bahwa dana yang dibutuhkan untuk menambal jalan desa sepanjang kurang lebih 3 kilometer ini sangat besar, namun warga mengerjakan semampunya terlebih dahulu dan apabila ada kekurangan terkait apapun akan dibicarakan kembali bersama-sama untuk menemukan solusi selanjutnya.

 

"Perkiraan akan dibutuhkan sekitar sebanyak 25 sampai 30 juta rupiah," bebernya.

 

Sementara itu Kepala Desa Bektiharjo Sumarlik mengungkapkan, bahwa kegiatan kerja bakti warga Dusun Bogor, Desa Bektiharjo untuk menambal jalan Poros Desa  yang rusak sembari menunggu proyek perbaikan jalan dari Pemerintahan Kabupaten.

 

"Rencananya proyek perbaikan jalan tersebut akan dikerjakan setelah lebaran," ucapnya.

 

Lebih lanjut Sumarlik yang juga ikut turun tangan bergotong royong menambahkan, bahwa jalanan yang rusak tersebut sudah termasuk kategori parah karena derasnya debit air hujan yang turun belakangan ini.

 

"Kerja bakti ini hasil partisipasi warga beserta pengusaha Serkel/batu kumbung," jelas Ibu Kades Bektiharjo ini.

 

Sumarlik juga berharap, agar kerjasama warga Desa Bektiharjo ini bisa berkelanjutan kedepannya sehingga lingkungan tempat tinggal mereka menjadi lebih baik, indah dan bersih.

 

"Semoga seluruh warga bisa guyub rukun seterusnya," pungkasnya.

BERITA LAINNYA


TERKINI

SELENGKAPNYA

INI TUBAN

Indeks Berita