UTSG Berbagi Ilmu Tanam Hidroponik Dengan Kader Lingkungan

Rabu, 18 Desember 2019  12:00

UTSG Berbagi Ilmu Tanam Hidroponik Dengan Kader Lingkungan

Para siswa dikenalkan cara menanam tanaman hidroponik

Portaltuban.com - Untuk menciptakan zona hijau di lingkungan sekolah, PT. United Tractors Semen Gresik (UTSG) Tuban menggelar Pelatihan Hidroponik Kader Lingkungan. Bersama Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, acara digelar di ruang laboratorium sekolah setempat, Rabu, (18/12/2019).

 

Dalam kegiatan yang selaras dengan program prioritas UTSG Tuban ini, sebanyak 49 siswa-siswi dikader menjadi duta lingkungan. Tak hanya diajarkan tentang bagaimana menaman dengan cara hidroponik, para kader lingkungan ini juga diajari tentang kebersihan dan kesejahteraan lingkungan.

 

Supervisor ESR & Securty PT. UTSG Tuban, Widya Winarno mengatakan, kegiatan pelatihan hidroponik dengan mengkader 49 siswa-siswi ini dilakukan untuk mengimplementasikan lima tools UTSG Tuban, meliputi UTSG Growth, UTSG future, UTSG Care, UTSG Action, dan UTSG Tresh. Sedangkan dalam kegiatan ini masuk dalam UTSG Tresh di lingkungan hidup.

 

"Dengan kegiatan ini, kami ingin mensingkronkan antara program sekolah dengan program dari UTSG," ungkap Widya usai melakukan pemaparan dihadapan siswa.

 

Pria kelahiran Madiun itu memaparkan, seiring perkembangan waktu, banyak sekolah yang menebang pohon dilingkungannya untuk penambahan ruangan, sehingga menyebabkan zona hijau terkurangi.

 

Untuk itu, jika melakukan pengamanan pohon, seperti yang sebelumnya dilakukan oleh perusahaan, justru tidak ada nilai ekonomisnya. Namun jika menggunakan hidroponik ini, maka dapat dimanfaatkan oleh sekolah, dan hasilnya juga dapat digunakan sebagai tabungan bagi siswa duta Adiwiyata.

 

"Untuk mengganti zona hijau, kita terapkan zona hijau ini dengan hidroponik. Dan hasil penjualan dari produksi hidroponik ini kan nantinya dapat diberikan kepada siswa saat kelulusan," papar Widya.

 

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Kerek, Subagiyono sangat mengapresiasi kegiatan ini, ia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada PT. UTSG Tuban, dengan adanya acara ini diharapkan dapat memotivasi dan menambah wawasan bagi para siswanya.

 

Pelatihan ini sangat penting sekali, karena sebelumnya tempat yang digunakan sebagai bangunan, dapat dicarikan celah untuk digunakan sebagai lahan hijau. Selain itu, dari kegiatan ini juga diharapkan dapat merubah perilaku siswa maupun orang tua, terutama dari segi kepedulian mereka terhadap lingkungan, kebersihan, dan kesehatan makanan.

 

"Harapan kami, kegiatan ini dapat terus dikembangkan dan dilakukan secara berkesinambungan. Sehingga nantinya bisa mengantarkan SMPN 1 Kerek menuju Adiwiyata tingkat nasional. Karena selain bermanfaat, dari kegiatan ini juga dapat membantu dari segi ekonomi," ungkap Kepala Sekolah.

 

Disisi lain, Farah Firdausi Nuzula, siswi kelas XIII, yang juga menjadi salah satu peserta Pelatihan Hidroponik Kader Lingkungan ini mengaku senang dengan adanya pelatihan yang digelar oleh PT. UTSG di sekolahnya.

 

"Kami senang, karena selain mendapatkan ilmu cara menanam tidak memakai tanah, kami juga dapat lebih kreatif menanam dengan cara hidroponik," jelas dara manis itu.

 

Ia berharap agar kedepannya sekolahnya dapat meraih Adiwiyata tingkat Nasional seperti apa yang diharapkan oleh seluruh siswa maupun guru SMPN 1 Kerek. Kemudian bagi adik kelasnya juga diharapkan lebih peduli lagi terhadap lingkungan.

 

"Semoga apa yang kita pelajari hari ini bermanfaat bagi saya dan teman-teman semua. Terima kasih UTSG," pungkasnya. [pito]

BERITA LAINNYA


TERKINI

SELENGKAPNYA

INI TUBAN

Indeks Berita