PT. UTSG Tuban di Kegiatan K3 Nasional Ditutup Upacara dan Bagi Hadiah

Rabu, 06 Maret 2019  10:00

PT. UTSG Tuban di Kegiatan K3 Nasional Ditutup Upacara dan Bagi Hadiah

Upacara berlangsung dilanjutkan pembagian hadiah

Portaltuban.com - Pada Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja K3 Nasional PT. United Tractor Semen Gresik (UTSG) Tuban menggelar upacara penutupan. Kegiatan itu adalah serangkaian dari seluruh kegiatan K3 yang digelar di lapangan utama kantor PT. UTSG Desa Sumberarum Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban pada Selasa, (05/03/2019).

 

Direktur Utama PT. UTSG Ir. Susilo Katri Winarno mengungkapkan, ini adalah kegiatan rutin tahunan Bulan K3 Nasional, karena kami patuh dengan undang-undang dan sudah kami imani, dengan pelaksanaan operasional, khususnya perusahaan tambang.

 

Kata Susilo, kegiatan ini merupakan komitmen perusahaan untuk melaksanakan agenda rutin perihal bulan K3 Nasional. Karena bagian dari kepatuhan terhadap peraturan perundangan-undangan. Untuk itu dapat terlaksananya kegiatan operasional, khususnya perusahaan tambang yang memiliki banyak resiko, sehingga kepatuhan dalam melaksanakan inti dari elemen-elemen K3 harus di implementasikan.

 

"Kita harus punya planning dan programing yang terencana, kemudian bagaimana cara kita melaksanakan dan mengontrol perusahaan untuk meminimalisir kejadian baik minon injuries maupun major injuries dengan sistem manajemen yang baik," lanjut Susilo.

 

Dalam perusahaan tambang, syarat yang paling penting adalah mengutamakan kepatuhan terhadap safety, oleh sebab itu para pekerja harus mengutamakan keselamatan dan kesehatan didalam pengoperasian pekerjaannya.

 

"Alhamdulillah kami memiliki induk yang cukup baik dan pembinaan dari Semen Indonesia, yang juga mensuport kami untuk bisa melaksanakan operasi di lapangan juga kesehatan. Dan hari ini dapat kita implementasikan, meski dengan berbagai batasan," terangnya.

 

Dari kegiatan tersebut, perusahaan memberikan suatu apresiasi kepada seluruh rekanan, baik karyawan secondary maupun recorder. Dan yang terpilih benar-benar dinilai, bukan hanya sekedar pencitraan, namun dari semua kegiatan yang sudah pernah dilakukan. Salah satu pedoman perusahaan dan seluruh karyawan adalah selalu merefresh pikiran, agar setiap pekerjaan yang dilakukan selalu mengutamakan kedisiplinan.

 

"Kita tidak henti-hentinya memberikan arahan dan pendampingan, supaya mereka juga mau fair terhadap kondisi ini, karena dengan kegiatan indisipliner dalam safety ini dapat menyelamatkan diri sendiri, keluarga, juga rekan-rekan yang lain," papar Direktur UTSG.

 

Meski tidak mudah, Semen Gresik mau menjadi sektor di grup, baik di Indonesia maupun di luar negeri, salah satunya dalam penerapan kesiapsiagaan dalam sistem manajemen mutu K3. Untuk itu diharapkan seluruh karyawan sadar pentingnya menjaga keselamatan, karena hal itu adalah kebutuhan menjadi seorang pekerja yang baik untuk mendapatkan keselamatan kerja dan kenyamanan saat bekerja.

 

Sekedar diketahui, kegiatan bulan K3 Nasional PT. UTSG ada beberapa kegiatan program strategis, yakni pembukaan bulan K3 dengan apel yang dilaksanakan oleh seluruh seluruh pekerja pada 15 Januari 2019. Seleksi berbagai tes yang di ikuti 50 pekerja pada 31 Januari hingga 2 Februari. Pemilihan Subkontraktor tambang terbaik. Seminar fatigue manajemen dengan melibatkan 30 istri pekerja dari subkontraktor JPA PT. Kamaju. Kegiatan seminar penyalahgunaan narkoba dengan BNNK Tuban. Dan kegiatan 5R, yakni (Resik, Ringkas, Rapi, Rajin, dan Rawat).

 

Sedangkan program promotif meliputi pemasangan spanduk dan banner bulan K3 Nasional, dan aksi bulan K3 dengan pemberian sumbangan serta infaq kepada masjid-masjid di sekitar ring. Untuk program implementatif yaitu pengecekan kesehatan pekerja tambang untuk meminimalisir kejadian bahaya tambang kepada driver kendaraan dan alat berat. Serta donor darah yang bekerjasama dengan PMII Kabupaten Tuban. [Pito]

BERITA LAINNYA


TERKINI

SELENGKAPNYA

INI TUBAN

Indeks Berita