Jelang Puasa, KPP Pratama Tuban Adakan Pengajian

Sabtu, 27 April 2019  11:00

Jelang Puasa, KPP Pratama Tuban Adakan Pengajian

Portaltuban.com – Simulasi bencana menjadi agenda penting untuk melatih kesigapan. Hal ini telah dilakukan pegawai se-jajaran KPP Pratama Tuban dalam mengantisipasi adanya berbagai bencana yang menimpa. Baik, bencana alam gempa bumi, banjir hingga kebakaran.

Hari ini seluruh pegawai kementrian keuangan itu bersiap siap melaksanakan simulasi. Diawali dengan dikumpulkannya di depan kantot di Jl. Pahlawan, Tuban. Materi dan strategi diberikan oleh simulator agar nantinya ketika ada aba-aba bahaya bisa melakukan serangkaian kegiatan yang telah di instruksikan.

Tiga upaya utama dalam menyusun kesiapsiagaan menghadapinya bencana. Yakni memiliki sebuah rencana darurat keluarga, Siapkan Tas Sign Bencana dan Simak informasi dari berbagai media, seperti radio, televisi, media online, maupun number lain yang resmi.

Simulator juga sudah dipersiapkan, sebagai kegiatan latihan sebenarnya ketika bencana datang. Seperti jalur evakuasi, titik kumpul, hingga upaya pencegahan dan perlindungan diri.

Dalam pelaksanaan, KPP Pratama Tuban melakukan evakuasi sesuai jalur evakuasi dan berkumpul di titik kumpul. Selain itu doa bersama juga dilaksanakan agar dihindarkan dan diselamatkan dari bencana.

“Selain taat pajak kita juga harus siap siaga menghadapinya bencana. Tidak lupa kita juga melaksanakan doa bersama sebagai upaya lahiriah agar terhindar dari mara bahaya,” kata Kepala KPP Pratama, Eko Radnadi Susetio.

Selain itu, kantor yang lazim dipergunakan untuk hal perpajakan itu juga memberikan bimbingan mental menjelang puasa. Pengajian pemantapan agama dikemas denga Tarhib Ramadhan, Kamis (25/4).

KPP Ramadhan mengadakan “Tarhib Ramadhan, Bergembira Menyambut bulan suci Ramadhan”. Acara ini dibuka dengan lantunan ayat suci Al Quran, yang merdu dibawakan oleh Gus Hartono (salah satu pegawai KPP Pratama Tuban). Kemudian dilanjutkan pesan dari Kepala KPP Pratama Tuban, Bapak Eko Radnadi Susetio.

Radnadi berpesan untuk selalu meniatkan segala aktifitas untuk beribadah kepada Allah, menggunakan waktu untuk berbuat kebaikan, dan banyak yang sudah meninggal menyesal ingin beramal baik lagi. Dirinya juga mengingat dan mengamalkan ayat Al Baqarah 148.

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan kinerja jangan sampai kendor, bersihkan hati, luruskan niat, lebih bersemangat di bulan yang penuh berkah. Materi kajian inti diberikan oleh Mujib Ridwan, tentang mencintai dan dicintai oleh Allah.

Tips untuk beribadah lebih baik, dengan memperbaiki wudhu, memperkhusyu sholat, dan melakukan puasa dgn khidmat. 

“Sebelum berpuasa kita beraihkan hati, diri dari berbagai macam kekhikafan. Puasa jangan mengurangi porsi kerja, justru harus memperbanyak ibadah, katena kesempatan untuk mendulang amal ya saat puasa, ” jelas Mujib.

Acara dilaksanakan ba’da ashar sampai dengan selesai, diikuti oleh pegawai KPP Pratama Tuban yang tidak sedang bertugas. (afi)

BERITA LAINNYA


TERKINI

SELENGKAPNYA

INI TUBAN

Indeks Berita