Semen Indonesia Berbagi Ilmu, Penulis Web Desa Digembleng Jurnalistik

Senin, 16 Desember 2019  11:30

Semen Indonesia Berbagi Ilmu, Penulis Web Desa Digembleng Jurnalistik

Para pewarta dari PWI Tuban mendampingi peserta mengerjakan karya tulis

Portaltuban.com –  Sebanyak 26 desa di lingkup Perusahaan ternama PT Semen Indonesia mendapat ilmu jurnalistik dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tuban. Para penulis dilatih metode dasar penulisan pemberitaan.

 

Acara mulai 16 – 17 Desember 2019 yang berada di ruang paripurna DPRD Tuban merupakan ihtiyar pewarta Tuban dan perusahaan Semen Indonesia. Melalui cara  pengoptimalan web desa diharapkan mampu mendongkrak informasi yang ada.

 

Penting bagi perangkat desa untuk mengetahui  dalam mengoperasikan website desa. Sebab website merupakan salah satu fitur utama dari internet yang merupakan media penyebaran informasi, media interaksi secara online dan media untuk berbagi informasi secara realtime. Informasi pada website dapat disajikan dalam bentuk multimedia (teks, grafik, gambar, suara, dan video), sehingga memudahkan pengaksesnya untuk memahami informasi yang disampaikan.

 

“Ini adalah bagian dari usaha Semen Indonesia bersama awak media di Tuban untuk memberikan edukasi kepada perangkat desa yang menjadi operator website desa. Selain bisa menjalankan operasional pelayanan juga bisa memberikan informasi di desa,” ujar Ketua PWI Tuban Pipit Wibawanto.

 

Sementara itu, Bupati Tuban Fathul Huda memberikan apresiasi yang luar biasa akan agenda rencana yang dilakukan Jurnalis Tuban dengan Semen Indonesia. Sebab dewasa ini masih awam tentang apa manfaat dan kegunaan website desa. Sehingga melalui ini, mampu membantu tujuan konsep keterbukaan informasi desa.

 

“Kita dorong dan kita bantu agar semua desa merasakan pelatihan ini. Sebab penting sekali ini. Kalau Informasi di desa itu bisa berjalan dengan baik, maka kinerja desa dan pemerintah, atau perusahaan bisa di cover dengan baik,” jelas Bupati.

 

Senior Manager of Public Relation & AMP CSR Semen Indonesia, Setiawan Prasetyo mengatakan, website desa harus lebih dioptimalkan lagi. Tidak hanya sebagai sumber berita atau informasi data desa saja. Namun, bisa juga digunakan sebagai sarana promosi potensi desa.

 

“Jika desa mempunyai wisata maupun produk unggulan desa juga bisa dipromosikan melalui website ini,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Setiawan mengatakan, website desa juga bisa digunakan sebagai sarana komunikasi antara Pemerintah Desa dengan warga masyarakat. Misalnya, di dalam website tersebut diberikan kolom saran dari masyarakat untuk Pemdes.

 

“Jadi website desa itu sangat banyak manfaatnya. Untuk itu mari kita optimalkan website desa ini,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Ketua DPRD Tuban Miyadi, mengapresiasi kegiatan tersebut karena mampu meningkatkan kemajuan desa dalam optimalisasi website. Ia pun meminta agar para desa terus berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman di era Industrialisasi 4.0.

 

“Kita minta agar desa terus berinovasi, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. [*/red]

 

BERITA LAINNYA


TERKINI

SELENGKAPNYA

INI TUBAN

Indeks Berita