Lewat Main Game, Raih NUN Terbaik

Senin, 20 Mei 2019  12:54

Lewat Main Game, Raih NUN Terbaik

Foto : Risnanda Kurniadi

Portaltuban.com- Merain Nilai Ujian Nasional (NUN) terbaik adalah dambaan seluruh pelajar yang sedang mengenyam bangku sekolah. Untuk itu, mereka harus tekun dan giat belajar.

 

Banyak cara dilakukan agar nilai akhir sekolah itu bisa melengking. Sehingga bisa mengadopsi masuk ke perguruan tinggi nasional atau sekolah yang diharapkan. Namun ada yang berbeda dilakukan salah satu pelajar SMA N 1 Tuban ini. Dai adalah Risnanda Kurniadi, anak dari Arifin Perdana (68) dan Siti Asiyah (55). Nando sapaan akrabnya, berhasil meraih NUN SMA dengan jumlah 354.00 jurusan IPS, terbaik ke dua .

 

Remaja yang berdomisili di RT.03/ RW. 01, Kelurahan Kutorejo, Tuban itu mengaku tidak memiliki iktiyar khusus agar nilainya baik. Justru, Nando mengaku, belajarnya tidak terjadwal dengan baik. Hanya ketika ingin belajar baru buka buku dan membaca ulang pelajaran yang diajarkan di sekolah.

 

“belajar jarang saya, pokoknya kalau suka dan ingin ya baru belajar. Tidak pasti dijadwal begitu tidak. Kalau ingin ya baca, “ jelasnya ketika di temui di rumahnya, bersama ayahnya yang juga seorang Jurnalis kawakan itu, Senin (20/5), pagi.

 

Selama ini, Nando hanya mengandalkan system belajar sekolah aktif. Yaitu, ketika guru mengajar di kelas, dirinya diam dan memperhatikan dengan seksama. Seluruh ilmu yang di transfer diusahakan dimasukkan dalam memori.

 

“itu yang setiap hari saya lakukan di kelas, guru mengajar saya diam dan memperhatikan. Jadi ingat ketika ada soal, “ imbuhnya.

 

Tidak ada yang unik memang dari diri Nando, ketika ditelisik ada yang sedikit perbedaan. Sejak masih duduk di bangku SMP, dirinya sudah suka main Game di computer. Berbagai permainan sudah dikhatamkannya, mulai dari Game AOV hingga Game Online lainnya. Dan juga banyak refrensi film bersubtitle Inggris ditontonya.

 

Semua itu, justru menjadi berkah baginya. Game dan film yang memakai bahasa Inggris justru menjadikannya fasih dan mahir berbahasa Inggris. Ketika Ujian Nasional saja, NU Mapel Bahasa Inggrisnya dapat 100. Menandakan bahwa pintar bisa melalui hobi yang manfaat, contohnya itu. Sedangkan untuk Nilai Mapel Bahasa Indonesia 88.00, untuk Mapel Matematika 90.00 dan Mapel Sosiologi 76.00.

 

“semua Game dan film itu dikonsumsi secara internasional, jadi bahsanya inggris. Disitu saya pelajarai kosa katanya, penulisannya hingga saya belajar disitu, “ jelasnya.

 

Menurutnya, semua hobi manfaat apabila digunakan dengan baik, maka menghasilkan hal positif juga. Usai ini, dirinya berniat akan mendaftar ke Perguruan tinggi UNER Surabaya. Ujian SBM PTN sedang dilakoninya. “masih ujian , nanti lihat saja hasilnya. Ya jurusan masih bingung ambil apa, tapi ya nanti dilihat ajah, “ serunya. (Afi).

 

 

BERITA LAINNYA


TERKINI

SELENGKAPNYA

INI TUBAN

Indeks Berita