Layanan Tidak Maksimal, Internet Icon Plus di Desa Terancam Dihentikan

Kamis, 01 Agustus 2019  14:00

Layanan Tidak Maksimal, Internet Icon Plus di Desa Terancam Dihentikan

Ilustrasi

Portaltuban.com – Internet desa yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana (Dispemas KB) belum optimal. Pilot project yang sudah hampir berjalan dua tahun ini terkesan amburadul.

 

Menyikapi hal ini Kabid Pemberdayaan di lingkungan Dispemas Anto Wahyudi mengatakan hal ini sudah dievaluasi dan kalau memang tidak sesuai harapan akan dihentikan.

 

Baca Juga : Dispemas Akui Layanan Internet Icon Plus Untuk Desa Tidak Maksimal

 

“Desa-desa yang bertanya sudah kami sampaikan, kalau memang pelayanan Telkom dan PLN tidak sesuai harapan dihentikan saja,” tulis Anto saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp.

 

Selanjutnya ia katakan bahwa masing-masing pihak antara desa dan penyedia jaringan internet memiliki hak dan kewajiban. Desa berhak menerima layanan sebaik-baiknya sesuai dengan kewajiban yang dikeluarkan. Sedangkan penyedia wajib memberikan pelayanan sesuai yang sudah dijanjikan.

 

“Kalau tidak ketemu ya dihentikan saja nggak apa-apa,” tambahnya.

 
Baca Juga :  Pemkab Abai, Smart Village Gagal, Ada 42 Website Desa Non Aktif

 

Seperti diketahui kebijakan Dispemas KB dalam meluncurkan Internet Desa yang dianggarkan dari Dana Desa ini diharapkan mampu menjangkau jaringan dipelbagai pelosok desa di Kabupaten Tuban. Serta diperhitungkan mampu menjawab kecepatan browsing karena menggunakan paket dedicated dengan kecepatan 2 Mb : 2 Mb Dedicated (Upload : Download) dengan anggaran bulanan Rp. 2 Juta  yang dikerjasamakan dengan Icon Plus milik PLN.

 

Selanjutnya dengan menggunakan jaringan internet Icon Plus, Dispemas dengan Diskominfo Tuban akan mengembangkan aplikasi desa. Yakni desa bisa memakai aplikasi secara gratis. Aplikasi berbasis online ini wajib dipakai. Pengajuan pencairan yang via manual akan ditolak. Harus by system, sebab Aplikasi berbasis Web, sehingga mutlak memerlukan bandwidth internetnya.

 

Namun faktanya sampai pada semester kedua 2019 baik internet icon plus dan website desa masih belum bisa maksimal peruntukannya. [Amin]

 

 

BERITA LAINNYA


TERKINI

SELENGKAPNYA

INI TUBAN

Indeks Berita