Dispemas Akui Layanan Internet Icon Plus Untuk Desa Tidak Maksimal

Selasa, 26 Februari 2019  09:00

Dispemas Akui Layanan Internet Icon Plus Untuk Desa Tidak Maksimal

Kepala Dispemas Tuban Mahmudi

Portaltuban.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat (Dispemas) Tuban mengakui layanan kinerja jaringan internet desa yang dikerjasamakan dengan icon plus milik PLN tidak optimal.

 

“Kita memang sudah mendengar keluhan itu dari teman-teman di desa,” kata Kepala Dispemas Tuban Mahmudi usai mengikuti rapat paripurna di kantor DPRD Tuban, Senin (25/02/2019).

 

Kata Mahmudi, Dispemas sudah memanggil pihak icon plus untuk mengoptimalkan jaringan tersebut. Targetnya pada semester awal tahun ini keluhan jaringan di tiap kantor desa ini selesai.

 

Ia tidak menampik ini menjadi tanggung jawabnya, sebab di 2018 lalu Dispemas sudah MoU dengan Icon Plus dengan kecepatan 2 Mb : 2 Mb Dedicated (Upload : Download) dengan anggaran bulanan Rp. 2 Juta .

 

“Icon Plus di 2019 akan berusaha memperbaikinya, karena sudah kita minta pertanggungjawabannya melalui rapat resmi bersama Diskominfo juga,” terang Mahmudi tanpa mau menyebutkan sanksi yang akan diberikan pada pihak icon plus.

 

Menurut sejumlah perangkat desa jaringan internet Icon Plus berdasarkan rujukan dari kebijakan Dispemas menimbulkan kesan bahwa program ini cenderung dipaksakan. Terbukti antara budget yang disiapkan Rp. 2 juta perbulan dari APBDes tidak sebanding dengan pelayanan yang diberikan.

 

“Kalau perbulan Rp. 2 juta berarti selama setahun untuk anggaran internet saja Rp. 24 juta,” ucap salah satu perangkat desa di Montong yang tidak mau disebutkan namanya.

 

Dengan menggunakan jaringan internet Icon Plus, diketahui pada 2018 Dispemas telah bekerjasama dengan Diskominfo Tuban untuk mengembangkan aplikasinya. Desa bisa memakai secara gratis, tanpa biaya. Aplikasi berbasis online ini wajib dipakai. Pengajuan pencairan yang via manual akan ditolak. Harus by system. Aplikasi berbasis Web, sehingga mutlak memerlukan bandwidth internetnya.

 

Namun faktanya sampai pada awal 2019 baik internet icon plus dan website desa masih belum bisa maskimal penggunaanya. [Amin]

BERITA LAINNYA


TERKINI

SELENGKAPNYA

INI TUBAN

Indeks Berita