Pentingnya Memiliki EFIN Guna Pelaporan SPT Tahunan Melalui e-Filing

Jumat, 08 Maret 2019  10:35

Pentingnya Memiliki EFIN Guna Pelaporan SPT Tahunan Melalui e-Filing

Petugas KPP Tuban sedang membantu mengarahkan pengisian EFIN wajib pajak (Afi).

Portaltuban.com - Berbagai kemudahan diberikan dalam proses pelaporan pajak. Salah satunya dengan menggunakan sistem Electronic Filing atau e-Filing Pajak. Sistem pelaporan pajak (Surat Pemberitahuan Tahunan/SPT) online ini dibuat sesuai perkembangan teknologi informasi. Dengan itu,  masyarakat tidak perlu antre untuk proses pelaporan pajak. 
 
 
Hanya cukup sekali saja wajib pajak mendaftar ke Kantor Pelayanan Pajak untuk mendapatkan Electronic Filing Identification Number (EFIN). Setelah itu, baru bisa melakukannya secara online. 
 
 
Sistem pelaporan pajak e-Filing ini ternyata masih belum banyak dimengerti wajib pajak. Karena itu, antrean di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) setiap tahun masih saja ramai. Padahal, dengan menggunakan layanan e-Filing, semua bisa dilakukan dari mana saja bahkan dapat menggunakan ponsel yang terhubung internet.
 
 
e-Filing adalah sistem pelaporan pajak tahunan (SPT Tahunan) yang dilakukan secara online. Jika sebelumnya wajib pajak setiap tahun melapor ke KPP dan mengisi formulir isian SPT Tahunan, dengan sistem e-Filing, wajib pajak bisa melakukannya melalui sistem online tanpa perlu datang ke KPP lagi. Hanya saja wajib pajak mesti memiliki EFIN agar bisa melakukan e-Filing.
 
 
Electronic Filing Identification Number (EFIN Pajak) adalah nomor identitas yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada wajib pajak untuk melakukan transaksi elektronik atau e-Filing pajak. EFIN digunakan sebagai salah satu alat autentikasi agar setiap transaksi elektronik atau e-Filing SPT dapat dienkripsi sehingga terjamin kerahasiaannya.
 
 
Dengan EFIN, wajib pajak bisa mengakses sistem pajak online dan melaporkan SPT Tahunan tanpa perlu antre di KPP. EFIN menjamin kerahasiaan data yang Anda masukkan ke sistem pajak online.
 
 
Dengan melaporkan pajak secara online, data sudah terekam di sistem pajak. Nantinya untuk laporan pajak tahun berikutnya, tidak perlu mengulang isian dari awal lagi.
 
 
Cara mendapatkan EFIN sangat mudah dan bisa langsung digunakan dalam waktu tidak lebih dari sehari. EFIN bisa dimanfaatkan wajib pajak pribadi dan badan usaha. Di bawah ini adalah tahapan-tahapan dari mekanisme wajib pajak badan usaha.
 
 
Masuk ke online-pajak.com/efin_login dan isi formulirnya untuk mendaftarkan akun. Setelah itu, isi formulir aktivasi EFIN yang tersedia. Unduh Formulir EFIN Anda. Setelah mendaftar, Anda akan diarahkan ke halaman EFIN dan dapat mengunduh formulir EFIN. Isi dan lengkapi kemudian cetak. Lalu bawa formulir EFIN tersebut beserta dokumen-dokumen yang dibutuhkan ke KPP Pratama Tuban. 
 
 
"saat ini, di kantor kami setiap hari ada sekitar 300 wajib pajak yang datang ke kantor kami untuk melakukan pelaporan SPT Tahunan melalui e-filing.  Semua kami pandu sampai selesai, walaupun seharusnya bisa dilakukan di tempat wajib pajak sendiri, tidak perlu datang ke kantor pajak" jelas Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan, KPP Pratama Tuban, Binanto Suryono, Jumat (8/03).
 
 
Untuk kemudahan dalam pelayanan,  kantor yang bermarkas di Jl. Pahlawan,  Tuban itu menyediakan setidaknya 11 petugas hanya untuk wajib pajak yang hendak melaporkan SPT Tahunan melalui e-Filing. Belum lagi,  petugas lain yang melayani keperluan perpajakan lainnya.  Hal ini guna mempercepat pelayanan yang dibutuhkan wajib pajak.   
 
 
Sebab, pajak adalah salah satu sumber pendapatan utama yang masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pajak menjadi tulang punggung dalam pembangunan Negara. Lebih dari 75% pengeluaran negara dibiayai dari sumber pendapatan pajak. Oleh karena itu, Pemerintah sangat gencar mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya membayar pajak.
 
 
"kami sudah menyediakan fasilitas dan petugas yang sangat cukup. Tidak ada alasan bagi wajib pajak untuk tidak patuh pajak.  Kemudahan pelaporan hingga pelayanan sudah ada,  tinggal kita saja yang harus sadar pajak. Mudah kok,  hanya lapor saja kewajiban pajaknya,  jangan jadi momok,  kalau pajak itu semua ada hitungannya,  dari pendapatan hingga pengeluaran wajib pajak. Kita hanya membantu memfasilitasi pemenuhan kewajiban perpajakannya saja, " ungkapnya. (Afi). 
BERITA LAINNYA


TERKINI

SELENGKAPNYA

INI TUBAN

Indeks Berita