Belimbing Ngringinrejo Bojonegoro Siap Go Ekspor 2021

Sabtu, 29 Mei 2021  07:17

Belimbing Ngringinrejo Bojonegoro Siap Go Ekspor 2021

Penandatanganan MOU ekspor Belimbing Ngringinrejo oleh sejumlah pihak.

PortalTuban/ Bojonegoro - Pembangunan perkebunan tetap penting dan menopang dari keseluruhan pembangunan ekonomi di Indonesia, apalagi sejak sektor perkebunan tersebut menjadi penyelamat perekonomian nasional disaat masa Pandemi Covid 19 seperti saat ini.

Salah satu hasil perkebunan yg memiliki peluang besar untuk diekspor ke mancanegara adalah buah belimbing. Dengan besarnya kebutuhan ekspor akan buah belimbing segar, kita harus jeli dalam menangkap peluang besar itu.

 

Upaya menyiapkan kebutuhan ekspor akan buah belimbing segar dari Indonesia untuk konsumsi dengan pemberdayaan dan pemanfaatan lahan secara maksimal, DPW LBM WI Jatim merespon cepat dalam menjawab kebutuhan peluang mancanegara tersebut, dengan membuka kerjasama pendampingan petani desa unggulan khusus buah belimbing.

 

Penandatanganan MOU antara Yoyok Budianto, Ketua LBM WI Jatim, R Susilo Indrianto,S.pd, ST, MM, ketua zona community dan Endang Sri Wigati, M.Pd, Kepala Desa Ngringinrejo Kec. Kalitidu, Kab. Bojonegoro, disaksikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Bojonegoro, Helmy Elisabeth AP MM, serta Syamsul Hidayah, ketua DPP LBM WI  di Pendopo Agrowisata Petik Belimbing, Desa Ngringinrejo, Jum at, 28 Mei 2021.

 

Pemerintah Indonesia terus berkomitmen mendorong ekspor komoditas perkebunan, seperti penguatan kelembagaan, pemantauan keamanan pangan segar, sertifikasi dan pelabelan. 

 

“Karena tanah luas, serta kaya varietas buah tropis akan  mendukung ketersediaan kebutuhan ekspor, sangat disayangkan jika disia siakan,” ungkap Yoyok Budianto.

 

Target pasar ekspor perkebunan Belimbing Desa Ngringinrejo untuk mengejar sertifikasi, namun dinilai tidak mudah, karena harus menjamin kemurnian dan kebenaran varietas buah yang dihasilkan. Keamanan pangan memang menjadi salah satu isu sentra, dalam perdagangan produk pangan.

 

“Meskipun tidak mudah, pemerintah  akan selalu berkomitmen membina dan menjaga agar rantai keamanan pangan berkesinambungan, hingga bisa mendistribusikan produk buah belimbing berkualitas namun juga produk buah yang sertifikasi keamanan pangan internasional,” ujar Helmy Elisabeth AP MM.

 

Pengelola Wisata Petik Belimbing  sangat berterima kasih atas pembinaan Kepala Dinas. Bersama LBM WI Jatim dan Zona Community akan berupaya terus menghasilkan pangan segar yang layak ekspor, sesuai harapan Pemerintah Kab. Bojonegoro.

BERITA LAINNYA


TERKINI

SELENGKAPNYA

INI TUBAN

Indeks Berita