Eksotisme Bonsai Kelapa yang lagi Ngetrend.

Eksotisme Bonsai Kelapa yang lagi Ngetrend.
Bonsai Kelapa eksotis karya Muhammad Khanafi.

PortalTuban/ Tuban - Bagi anda pecinta tanaman hias, maka belum lengkap koleksi anda sebelum memiliki bonsai kelapa. Tanaman buah berbiji kerdil itu, kini sedang ngetren dan banyak diburu untuk hiasan rumah. Bahkan selama pandemi covid-19, pembuat bonsai di Kabupaten Tuban. Jawa Timur, mampu meraup uang jutaan rupiah.

Penggemar tanaman hias pasti tidak asing dengan pohon mungil yang lucu dan indah ini, ya.... orang mengenalnya dengan nama bonsai. Bentuk dan model bonsai yang terlihat eksotik alami ini, membuatnya banyak diburu pecinta tanaman hias.

Jenis bonsai yang kini sedang ngetren dan menjadi incaran adalah bonsai kelapa. Keberadaan tanaman buah berbiji yang dikerdilkan ini, dapat menambah keindahan ruang. Tak hanya orang-orang tua, banyak anak-anak muda yang juga kepincut dengan eksotisme bonsai kelapa.

Keberuntungan datang pada Muhammad Khanafi, warga Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Bonsai Kelapa yang dirawat, laris manis diburu pecinta tanaman hias, baik lokal maupun luar daerah. Diantaranya Banyuwangi, Surabaya, Jawa Tengah, hingga Jakarta dan Jawa Barat.

Tanpa susah payah memasarkan, pria 55 tahun ini mampu menjual sedikitnya 20 bonsai per bulan. Harga yang ditawarkan berkisar Rp. 150.000,- sampai Rp. 700.000,- per bonsai. Harga bergantung usia dan keunikan bentuk tanaman.

“saya sudah sejak tahun sembilan puluhan, jenis kelapa gading, pembelinya  ada yang dari gresik, surabaya, jakarta, bekasi dan banyuwangi,” ujar Muhammad Khanafi.

Namun bisnis Bonsai Kelapa sekaligus hobby ini, bukan berarti tanpa cerita menyedihkan. pernah suatu ketika 30 tanaman bonsainya hilang dicuri maling, dalam waktu 2 malam.

Bapak 3 anak inipun tak patah arang. Ia tetap membuat Bonsai Kelapa, yang sudah menjadi hobby sejak kecilnya. Toh ternyata meski di masa pandemi seperti ini bisnis jualan bonsai tak ada matinya, karena tetap diminati orang dan tetap bertahan meski di terjang badai pandemi covid 19.

Untuk menghasilkan Bonsai Kelapa layak hias, membutuhkan waktu paling cepat lima bulan. Perawatan tanaman kerdil ini tidak sulit, karena hanya perlu dibersihkan kapas serabut yang membungkus daun setiap tiga hari sekali.