Bangun Generasi Emas, KPP Pratama Tuban Laksanakan Patur 2021

Bangun Generasi Emas, KPP Pratama Tuban Laksanakan Patur 2021
Pajak Bertutur Oleh tim Penyuluh KPP Pratama Tubansecara Daring

Portaltuban.com – Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tuban kembali melaksanakan agenda wajib tahunan, Pajak Bertutur. Meski masih musim Pandemi Covid-19, acara edukasi perpapajakan tersebut tetap dilaksanakan meski dengan Daring di kantornya pada Rabu (25/8), pagi.

 

Sejak pagi, seluruh persiapan sudah dilakukan. Ratusan peserta dari SMA N 1 Tuban dan sekolah sederajat lainnya aktif mendaftarkan diri. Setelah acara dibuka oleh pembawa acara dari pegawai KPP Pratama Tuban, dimulailah acara sosialisasi perpajakan tersebut.

 

Pengemasan edukasi secara milenial nampaknya ditunjukkan kantor pelayanan pajak yang berniat menuju Zona Intregitas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK) tersebut. Pajak Bertutur adalah kegiatan tahunan yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Pajak.

 

Keselarasan agenda itu juga tepat dengan jargon yang sedang digalakkan. Yakni “ Sehari Mengenal, Selamanya Bangga”. Jargon ini menjadi motivasi anak muda bangsa untuk mengetahui apa itu pajak, bersumber dari mana, pengelolaannya bagaimana, hingga penggunaannya untuk apa.

 

Kemudian yang menjadi cita-cita mulia Kementrian Keuangan, dengan menyasak pelajar adalah bisa mencetak generasi emas bangsa yang sadar akan manfaat pajak bagi negara. Peduli untuk melaporkan pajak merupakan untaian benih yang kelak bisa menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pajak bagi kemaslahatan negara.

 

Penguatan karakter generasi emas cerdas dan sadar pajak nampaknya menjadi rumus besar agar terus berputarnya roda keuangan negara. Terlihat ratusan pelajar setingkat sekolah menengah di tuban antusias dengan hal itu. Sederet penyuluhan juga dilakukan KPP Pratama Tuban. Hingga puluhan pertanyaan berhadiah terlontarkan. Sebagai bentuk keseriusan dan memberikan semangat.

 

Gayung bersambut, antusias pelajar juga seakan tidak henti untuk terus menjawab pertanyaan yang diberikan oleh tim penyuluh. Kuis tebak gambar, TTS, hingga sesi tanya jawab menambah kesan akan hausnya ilmu perpajakan bagi pelajar di Kota Berjuluk Bumi Wali ini.

 

Sederet hadiah terlihat sudah dipersiapkan untuk edukasi pemuda bangsa ini. Bagi pememang nantinya akan diumumkan melalui laman media sosial yang dimiliki KPP Pratama Tuban. Kemudian peserta bisa mengambil hadiah sesuai kemenangan yang di dapat.

 

Besar harapan juga terucap dari Kepala Sekolah SMA N 1 Tuban, Suparlin. Pihaknya sangat mendukung acara edukasi ini dengan baik. Sebab, edukasi perpajakan tidak masuk dalam kurikulum sekolah, sehingga menjadi hal baru yang mampu menambah cakrawala tentang pajak. Terpenting adalah mencetak karakter generasi bangsa sejak dini akan manfaat pajak bagi bangsa.

 

“saya sangat mendukung dengan agenda seperti ini. Anak-anak bisa menmabah wawasan akan perpajakan dengan benaar melalui ahlinya. Meningkatkan kesadaran pajak juga bagian dari tugas bersama, sehingga sepatutnya kalua saling membantu untuk kesadaran pajak,” serunya.

 

Senada juga disampaikan oleh Kepala KPP Pratama Tuban Arif  Puji Susilo pihaknya memebrikan jempol apresiasinya kepada pihak sekolah yang telah membantu terlaksananya kegiatan Pajak Bertutur tahun 2021 ini.

 

Pihaknya juga memberikan pemaparan akan  fungsi pajak yang berperan penting sebagai salah satu pendapatan negara. Nantinya akan dipergunakan untuk infrastruktur dan fasilitas publik lainnya. Sejalan dengan amanah yang tertuang dalam UUD 1945 tentang bela negara, bahwa sadar pajak adalah secuil dari itu.

 

“siswa SMA N 1 Tuban ini merupakan generasi emas, kedepan 20 sampai 25 tahun menjadi usia produktif , sudah seyogyanya keikutsertaannya mampu menanamkan kesadaran untuk taat pajak. Sekali lagi terimakasih, “ ungkapnya. (Afi).